Presiden Marah Tanda Jokowi Serius Tangani Covid-19

- 29 Juni 2020, 19:48 WIB
Presiden marah kepada jajarannya meski telat tapi kata Nevi Zuarina lebih baik daripada tidak sama sekali, Senin 29 Juni 2020. (adr)

FIXPADANG.COM-Presiden Joko Widodo kesal dan marah serta kecewa terhadap kinerja jajarannya.

Bahkan video rapat kabinet beredar ke ranah publik itu langsung menjadi perbincangan seluruh lapisan rakyat.

”Bubarkan lembaga, bahkan rushafle kabinet terpikir oleh saya,”itu petikan kesalnya Presiden RI Jokowi pada Rapat Kabinet 18 Juni 2020.

Anggota Komisi VI DPR RI dari Daerah Pemilihan Sumbar Nevi Zuairina menyebut kesal presiden tanda Joko Widodo serius menangani covid-19.

Nevi Zuairina mendukung kerasnya Presiden RI pada rapat kabinet, termasuk menyinggung stimulus dana UMKM.

“Meskipun penekanan presiden ini harusnya diketatkan, ditegaskan dalam pelaksaanaan dan pengelolaannya. Harusnya sejak Maret 2020 lalu. Tapi biarlah telat, tetap baik dari pada tidak sama sekali,”ujar Nevi Zuairina, Senin 29 Juni 2020 di Jakarta.

Menurut Nevi, dari total anggaran Rp123,4 triliun untuk UMKM, yang semestinya terbagi menjadi program: Subsidi bunga Rp35,2 T; Penempatan dana restrukturisasi Rp78,7 T; Belanja IJP Rp5 T; Penjaminan modal kerja (stop loss) Rp1 T ; PPh final UMKM Rp2,4 T ; dan Pembiayaan investasi kepada koperasi melalui LPDB Kemenkop dan UKM Rp1 T.

Dari keluhan berbagai komunitas UMKM di berbagai daerah mereka tidak merasakan bantuan itu sampai.

Bahkan baru-baru ini sebut Nevi Zuairina tersebar di beberapa media terkait pemerintah mengelontorkan dana Rp 30 T melalui perbankan untuk PEN (Penyelamatan Ekonomi Nasional), tapi untuk UMKM porsinya mesti di evaluasi kembali.

"Saya 25 Juni 2020, pasca rapat kerja dengan KemenKop UKM, menyampaikan kepada pemerintah bahwa ada yang mesti diseriusi pada institusi kementerian yakni, masalah kecilnya anggaran di kementerian. Kedua rendahnya masalah penyerapan. Dan yang terakhir, realisasi stimulus fiskal penanganan covid-19 masih rendah di mana salah satunya adalah dukungan untuk UMKM dengan realisasi di angka 0,06 persen,”ujar Nevi.

Halaman:

Editor: Adrian


Komentar

Terkini

PR Sumbar Terendah se Indonesia

4 Juli 2020, 06:46 WIB

Lehar Tahanan Polda Meninggal Dunia

3 Juli 2020, 13:57 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X