Pastikan Seleksi KPI dan KI Sukses, Komisi I DPRD Riau Sharing ke Sumbar

- 23 Juni 2020, 15:34 WIB
DPRD Riau sharing dengan DPRD Sumbar terkait rekrutmen calon anggota dua lembaga bentukan undang-undang, Selasa 23 Juni 2020 di Padang (foto: riko)

FIXPADANG.COM-Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto mengatakan tahun ini proses rekrutmen KPID dan Komisi Informasi daerahnya dilakukan.

”Kami ingin memastikan rekrutmen calon anggota dua lembaga bentukan undang-undang itu sesuai mekanisme dan menjaga harmonisasi di Riau,”ujar Hardianto saat sharing dengan DPRD Sumbar, Selasa 23 Juni 2020 di Padang.

Hardianto beralasan karena dua lembaga negara di Sumbar sangat harmonis dengan Pemerintah Provinsi dan Komisi I DPRD Sumbar.

”Kelembagaan dua lembaga itu baik KPID maupun Komisi Informasi Sumbar sangat eksis dalam fungsinya. Tapi hubungan dengan pemerintahan sangat harmonis, kami ingin menggali ini di Sumbar,”ujar Hardianto.

Saat ini kata Hardianto KPID Riau, DPRD dan Gubernur Riau sepakat memperpanjang masa jabatan hingga proses seleksi dilakukan. Sedangkan untuk Komisi Informasi Riau, Komisi I DPRD Riau belum bersikap.

 

Ketua Komisi I DPRD Sumbar Syamsul Bahri mengatakan pelaksanaan seleksi dua lembaga dibentuk berdasarkan undang-undang. Komisi Informasi UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan KPID berdasarkan UU 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

”Komisi I DPRD Sumbar menerima hasil seleksi Panitia Seleksi untuk dilakukan fit and proper test.  Ketua DPRD menetapkan komisioner terpilih diajukan ke gubernur untuk di SK kan,”ujar Syamsul Bahri.

Menurut Kabid IKP Kominfo Sumbar Indra Sukma enam bulan sebelum berakhir masa jabatannya, Komisi Informasi atau KPID memberitahu tertulis kepada gubernur.

”Dari surat itu gubernur membentuk panitia seleksi untuk merekrut dan melakukan beberapa tahapan seleksi. Hasil panitia seleksi, kalau Komisi Informasi 15 calon diajukan ke Komisi I DPRD Sumbar dan KPID sebanyak 21 orang calon,”ujar Indra Sukma.(riko)

Halaman:

Editor: Adrian


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X