Irwan Prayitno Putar Otak, Kini Wisata Sumbar Mulai Bergeliat

- 24 Juni 2020, 22:27 WIB
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno optimis dengan protokol kesehatan pariwisata mulai bergeliat. (adr)

FIXPADANG.COM-Pandemi sejak Maret hingga awal Juni telah meluluhlantakan amazing-nya pariwisata Sumbar.

Spot destinasi, hotel dan agen perjalanan wisata tak berdaya menghadapi dampak Covid-29.

Menurut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tiga bulan terakhir, industri pariwisata Sumbar berada di titik nadir alias lumpuh.

“Jika dihitung, potensi kerugian yang dialami pelaku usaha pariwisata tentu begitu besar. Apalagi wabah Covid-19 belum sepenuhnya berakhir,”ujar Irwan Prayitno, Rabu 24 Juni 2020.

Irwan Prayitno dan pelaku usaha pariwisata serta penggiat pariwisata pun berpikir keras bagaiman membangkitkan geliat pariwisata Sumbar lagi.

Sejak Sumbar mencanangakan era Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir, pariwisata menjadi tumpuan membangkitkan ekonomi yang mati suri oleh pandemi.

“Kondisi ketakberrdayaan tidak bisa terus dipertahankan. Apa dan bagaimana strategi menyikapi kondisi ini mesti dipersiapkan dengan matang, tanpa mengabaikan aspek kesehatan,” ujar Irwan.

Irwan Prayitno memimpin langsung penyusunan stadar operation procedur (SOP) bersama stakeholder kepariwisataan dan ahli kesehatan.

“SOP telah kita persiapkan, bagaimana penerapan protokol kesehatan, baik bagi wisatawan atau pun seluruh pelaku usaha yang terlibat. Termasuk pembiayaan untuk PCR test kita tentukan formulasinya seperti apa,”ujar Irwan.

Mulai dari pertemuan virtual secara marathon dengan berbagai pihak. Kota Bukittinggi menjadi kota pertama di Sumbar membuka kembali destinasi wisata unggulan, disusul kabupaten kota lainnya.

Halaman:

Editor: Adrian


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X